Inilah Penyebab Kaki Kram Saat Tidur dan Penanganinya dari SehatQ.com

19.42

Pernahkan Anda terbangun saat tidur karena merasa kaki kram ? atau bahkan hal tersebut sudah sering terjadi? Ada banyak hal yang jadi penyebab kaki kram saat tidur, Anda bisa perbanyak baca artikel kesehatan atau tanya dokter. Namun, bisa juga Anda baca ulasan singkat berikut dan mengingat-ingat apakah hal ini terjadi pada Anda. Informasi tersebut sangat bermanfaat saat berkonsultasi dengan dokter.

Berbagai Alasan Nocturnal leg cramps atau Kaki Kram

Kram telapak kaki atau nyeri pada pangkal kaki adalah ciri-ciri dari Nocturnal Leg Cramps. Bedakan dengan kesemutan yang cukup dengan menggerakan kaki sehingga sensasi sulit bergeraknya dapat hilang. Kondisi kaki kram lebih nyeri dan tidak semudah kesemutan untuk menyembuhkannya. Lalu apa saja penyebabnya?

1.Terlalu Lama Berdiri

Berada dalam posisi tubuh yang sama untuk waktu lama adalah penyebab kram pada kaki yang paling umum. Hal ini dikarenakan aliran darah tidak mengalir dengan lancar. Kebiasaan memakai hak tinggi juga bisa berkontribusi untuk menyebabkan kaki menjadi kram tiba-tiba. Hindari berdiri terlalu lama dengan berjalan-jalan kecil atau beristirahat dengan duduk sejenak.

2.Jarang Bergerak

Secara umum, kram kaki yang terasa tiba-tiba saat terlelap tidur berkaitan dengan saraf dan otot yang tegang atau kelelahan. Terutama jaman sekarang dimana orang semakin jarang bergerak. Olahraga ringan seperti berjalan kaki ke depan gang juga menjadi tidak sering dilakukan, karena tinggal mengeluarkan motor atau mobil. Otot jadi tidak terlatih dan sewaktu-waktu dapat terjadi kram, terutama di malam hari.

3.Olahraga Terlalu Berat

Kaki kram bisa disebabkan kurang bergerak dan juga terlalu banyak bergerak. Inilah mengapa penting untuk tidak melakukan segala sesuatu dengan berlebihan. Olahraga cukup dua puluh menit sehari dan rutin untuk berpengaruh pada tubuh, terutama bila sudah menginjak kepala 4. Terlalu berat berolahraga dapat juga menyebabkan kaki jadi kram mendadak saat sedang tidur nyenyak. Jangan lupa pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga.

4. Telapak Kaki Rata

Orang-orang yang memiliki telapak kaki rata akan mengalami beberapa tantangan yang berkaitan dengan kaki. Hal ini bisa berupa kesulitan berjalan dan juga kerap merasakan kram telapak kaki dan bagian kaki lainnya. Selain membeli sol tambahan khusus, Anda bisa memijat kaki setelah berjalan jauh atau berdiri terlalu lama.

5. Gangguan Sistem Endokrin

Beberapa penyakit seperti penderita ginjal, diabetes, dan hipotiroidisme adalah penyebab kram kaki saat tidur pada manula. Sehingga pastikan mereka tidak tidur sendiri di malam hari atau ada yang bergantian sesekali memeriksa orang tua di malam hari. Selain pada usia senja memang kebutuhan tidur tidak seperti saat muda, berbagai gangguan tidur karena penyakitnya sering terjadi. Oleh karena itu perlu pemantauan kesehatan kontinu.

6.Wanita Kehamilan

Kondisi kram kaki umum terjadi pada ibu hamil. Khususnya pada bulan-bulan terakhir dimana berat badan semakin bertambah, kekurangan kalium dan magnesium, serta aliran darah yang kurang lancar. Kadang wanita hamil bahkan sulit untuk berjalan. Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter, memijat kaki dan hindari mengangkat beban atau memakai sepatu yang tidak nyaman.

Waspadai kaki kram baik setelah kegiatan fisik seperti berdiri lama, jalan jauh atau mengangkan beban berat. Pastikan untuk beristirahat dengan cukup, minum air putih serta memakai alas kaki yang nyaman. Karena hal-hal tersebut adalah penyebab kaki kram saat tidur yang paling umum. Sebaiknya mendatangi dokter dan memperbanyak informasi kesehatan mengenai hal tersebut. Salah satunya melalui aplikasi SehatQ yang membahas berbagai topik kesehatan.

0 komentar