Inilah Beberapa Makna dari Bentuk Pesan Nasi Tumpeng serta Penyajiannya!

Bagi Anda yang ingin pesan nasi tumpeng saat ini sangat mudah dan praktis. Dulunya nasi tumpeng termasuk sajian sakral yang sering digunakan oleh masyarakat.

Di mana nasi tumpeng berguna sekali untuk memuliakan permukaan bumi yang menjulang tinggi ketimbang dengan dataran sekitarnya. Di bawah ini ada beberapa informasi terkait nasi tumpeng.

Mengenal Makna Pesan Nasi Tumpeng

Tumpeng mulanya berasal dari kata yen metu kudu sing mempeng. Kata tersebut mempunyai makna bila hidup harus sungguh-sungguh. Nasi tumpeng terbaik ini mulanya berasal dari tradisi purba.

Jadi mempunyai arti dan makna pada setiap bagian dan bentuk dari penyajiannya. Hal ini karena sudah dilengkapi dengan tujuh atau pitu jenis lauk-pauk dimaksudkan sebagai pitulungan berarti meminta pertolongan.

Umumnya, tumpeng sendiri termasuk hidangan khas Indonesia, disajikan untuk merayakan hari spesial. Untuk cara penyajiannya bisa dengan meletakkan nasi yang berbentuk kerucut di bagian tengah, lalu dikelilingi sayuran dan lauk-pauk. 

Makna dari Nasi Tumpeng Kuning

Adapun makna nasi tumpeng dapat dilihat dari bentuk dan penyajiannya, yang akan dijelaskan berikut ini. Makna dari pesan nasi tumpeng dapat dilihat dari bentuk yang kerucut. 

Di mana mempunyai makna keagungan Tuhan. Sedangkan, untuk sayur-sayuran lebih menggambarkan sebagai alam tumbuhan. 

Sementara itu, untuk lauk pauk seperti, daging sapi, ikan, kambing memiliki makna keadaan alam hewan. Sementara itu, ikan asin digambarkan sebagai gotong royong, telur rebus diartikan sebagai tekad yang bulat. Sedangkan, nasi menggambarkan kehidupan manusia. 

Untuk warna nasinya, tumpeng mempunyai makna yang berbeda. Apabila nasi tumpeng berwarna putih, maka sudah dapat dipastikan melambangkan kesucian. 

Sementara itu, kuning mempunyai arti kekayaan serta moral yang luhur. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya setiap penyajian dan bentuk tumpeng mempunyai makna, hingga cara memotong tumpengnya memiliki arti.

Umumnya, pemotongan tumpeng harus dimulai dari puncaknya terlebih dahulu. Puncaknya  ini harus dipotong langsung oleh orang yang dituakan dan dihormati. 

Kemudian, akan dilanjutkan oleh orang-orang yang mempunyai hajatan. Walaupun nasi tumpeng sudah ada sejak dahulu, sebelum masuk Islam di pulau Jawa, namun jika dilihat dari perkembangannya nasi tumpeng berhubungan dengan filosofi Islam Jawa.

Bahkan, tumpeng sendiri dianggap sebagai pesan leluhur terkait permohonan kepada Yang Maha Kuasa. Tumpeng merupakan salah satu bagian terpenting dalam merayakan kenduri tradisional. 

Perayaan inilah yang akan menjadi wujud dari rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan Maha Kuasa atas keberkahan hasil panen dan lainnya. Demikianlah informasi yang bisa disampaikan terkait makna dari pesan nasi tumpeng. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa memberikan manfaat dan wawasan bagi Anda dalam hal nasi tumpeng.

Tinggalkan komentar